Senin, 26 Desember 2011

Medical Check Up Untuk Perempuan

Mencegah lebih baik daripada Mengobati. Nampaknya pepatah ini benar adanya berkaitan dengan kesehatan masyarakat modern.Penyakit degeneratif seperti kanker,stroke,oestoporosis dan serangan jantung dahulu banyak di jumpai pada mereka usia lanjut.Namun sekarang,para dokter banyak menangani pasien usia muda bahkan belia.Kondisi ini di pengaruhi oleh gaya hidup,polusi,stres.Uniknya,penyakit-penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang signifikan.Mereka menggerogoti tubuh secara diam-diam  atau "silent killer'.Ketika si pasien "ambruk",penyakit sudah berada pada stadium tinggi di mana pengobatan yang harus di berikan tentu akan menghabiskan dana yang besar.
Sebagai tindakan pencegahan,sebaiknya anda menyadari betapa pentingnya General Medical Check Up secara berkala,khususnya bagi perempuan.Perempuan melewati fase-fase yang cukup berat dalam hidupnya,menstruasi,hamil melahirkan dan menyusui,sehingga di butuhkan stamina yang bagus untuk menjalani kodratnya sebagai perempuan.Dengan Medical Check Up,anda akan mendapatkan ulasan mengenai kondisi kesehatan anda secara terperinci.Jika ditemukan kelainan,maka penanganannya akan lebih dini dan lebih mudah untuk di sembuhkan.Nah,karena kodrat perempuan yang istimewa tentu membutuhkan pemeriksaan yang istimewa juga,meliputi :
  1. Pemeriksaan Mineral Tulang Untuk Mendeteksi Pengeroposan Tulang . Penelitian The National Oesteoporosis Foundation di Amerika menunjukkan 8 dari 10 perempuan dewasa memiliki tulang keropos.Bagi perempuan usia 65 tahun keatas,sebaiknya mulai periksa X-ray dengan DXA (Dual Energy X-ray) dan dilakukan pemeriksaan kembali tiap 5 tahun.Perempuan lebih rentan kehilangan 30% kepadatan tulang dalam kurun waktu 5-7 tahun selama menopause.
  2. Mammogram, Mendeteksi Kanker Payudara. Sejak usia 20 tahun,perempuan semestinya rutin memeriksakan payudaranya sebagai bahan dari regular check up.Pada usia 40 tahun,pemeriksaan mammogram wajib dilakukan rutin setahun sekali setelah masa menstruasi.
  3. Kolonoskopi, Mendeteksi Adanya Kanker Usus Besar. Orang dewasa usia 40 tahun,terutama mereka yang hidup dengan pola makan kurang sehat rentan terkena kanker usus besar.
  4. Kolesterol, Mengukur Potensi Serangan Jantung. 64 % perempuan meninggal karena serangan jantung tidak mempunyai gejala awal yang signifikan.Anda perlu tahu bahwa tubuh aman dari resiko penyakit jantung dengan memeriksakan kadar kolesterol dan kesehatan jantung secara dini.Mulailah pemeriksaan sejak usia 20 tahun,apalagi jika memiliki anggota kelurga yang penderita kolesterol,hipertensi,kelebihan berat badan dan perokok berat.Lewat usia 45 tahun,periksakan rutin tiap tahun,terlebih jika kadar kolesterol tinggi.
  5. Pap Smear, Mendeteksi Kanker Serviks. Berapapun usia anda,jika anda aktif secara seksual segera lakukan pap smear di klinik terdekat.Anda dapat mengantisipasi terjadinya kanker serviks yang menjadi ancaman bagi banyak perempuan di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSERT DESIRED BLINKING TEXT HERE