Minggu, 01 Januari 2012

Aspirin Dapat Kurangi Risiko Kanker Usus

Aspirin yang di konsumsi secara terus-menerus mampu mengurangi risiko kanker kolorektal (usus) hingga 60%. Demikian menurut para peneliti sebagaimana dipublikasikan di jurnal The Lancet,baru-baru ini.Studi tersebut melibatkan sejumlah penderita Lynch Syndrome,yaitu kesalahan genetis yang mengubah susunan sel sehingga menyebabkan berbagai macam kanker,termasuk kanker usus. 
Sebanyak 861 partisipan dibagi menjadi dua kelompok secara acak. Satu kelompok mengonsumsi dua butir aspirin berdosis 600 mg setiap hari. Kelompok lainnya mengonsumsi pil biasa atau disebut juga plasebo selama sedikitnya dua tahun.Ketika data tersebut diperiksa pertama kali pada 2007,tidak ada perbedaan diantara dua kelompok itu. Namun semuanya berubah ketika para peneliti memeriksa data itu kembali beberapa tahun kemudian. Saat itu terdapat 34 kasus kanker usus di kelompok plasebo,sementara di kelompok aspirin yang terserang hanya 19 orang atau 44 % lebih sedikit dibanding kelompok plasebo.
Para dokter kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap 60 % pasien yang mengonsumsi aspirin dan plasebo selama lebih dari dua tahun. Hasil penelitian sub kelompok itu lebih mengesankan. Terdapat 23 penderita kanker usus di kelompok plasebo dan hanya 10 penderita di kelompok aspirin atau 63 % lebih sedikit dibanding kelompok plsebo.  

Perbedaan itu baru terlihat setelah lima tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INSERT DESIRED BLINKING TEXT HERE